Repost : Matematika Kehidupan

Teman, percaya atau tak percaya, apa yang kita lakukan dalam hidup ini seperti operasi pejumlahan dan pengurangan dalam matematika. Dan operasi-operasi tersebut berlaku pada kita. Begitu indah Allah mengatur dan menjawab hasil dari setiap penjumlahan dan pengurangan yang kita lakukan. Allah pasti akan menjawab dengan jujur dan benar menurut logika matematika-Nya. Allah tidak akan mengurangi dan menambahkan pada hasil yang kita lakukan dalam operasi-operasi tersebut. Allah Maha Indah dengan jawaban yang ia berikan kepada kita sebagai makhluknya atas operasi-operasi tersebut.

Sebagai bentuk penalaran bahwa matematika itu berlaku dalam hidup, jika kita mengoperasikan 2+2 belum tentu jawabannya yang pasti benar dan hanya berlaku mutlak adalah 4. Bukan hanya 4 jawaban yang benar terhadap operasi 2+2, jika dijawab dengan 2+2=3+1 pun BENAR. Atau 2+2=8:2 pun tak akan ada orang berani menyalahkan. Ini mengindikasikan bahwa kebenaran itu relatif dari sudut mana kita melihat tapi, yang pasti dan jelas kebenaran itu ada 1 jawaban. Toh 4=2+2=3+1=6-2=8:2 dan masih banyak lagi sama dengan-sama dengan yang lain yang jawabannya tak terhingga dan tak terbatas seperti kekuasaan-Nya. Jadi, tidaklah salah jika W.S.Rendra dalam puisinya mengatakan ”Tuhan itu seniman yang tak terduga”. Karena Allah Maha Indah dengan semua jawabannya dan tak tahu kita jawabannya.

Begitupun dengan hidup ini, jika kita ingin memperoleh suatu kesuksesan hidup ini ,misal kesuksesan= 100. Maka untuk mencapai kesuksesan yang bernilai 100 tersebut kita harus melakukan penjumlahan-penjumlahan angka sehingga mencapai angka 100. Misal dalam memperoleh kesuksesan yang bernilai 100 tersebut kita menambahkan 19 niat, 46 usaha, 22 kegigihan, 12 kesabaran maka allah Allah pun pasti akan menjawabnya dengan 99 atau 100-1 atau yang lainnya. Toh, memang benar dari penjumlahan yang kita lakukan belum mencapai 100. Kurang 1. Yah kurang 1. Mungkin yang 1 itu adalah doa.

Dan apabila memang benar kita telah menjumlahkan semuanya dan dalam perhitungan kita telah mencapai angka 100. Belum tentu Allah akan menjawabnya dengan benar-benar angka 100. Karena angka 19+46+22+12+1=100=200:2=104-4=30+70=… hingga persamaan yang tak terbatas yang manusia tak mampu untuk menuliskannya. Dan terkadang kita pun harus melakukan pengurangan dari semua penjumlahan yang kita lakukan. Misal kita melakukan penjumlahan yang tadi 19 niat+46 usaha+22kegigihan+12 kesabaran+1 doa bisa jadi Allah akan menjawabnya hanya dengan 94. Kita harus berfikir ulang mungkin ada kesalahan dalam setiap penjumlahan tersebut. Bisa jadi di dalam unsur 12 niat tersebut ada 6 nilai dari niat itu yang bukan milik kita. Kita niat karena sesuatu yang lain. Bukan karena Allah dan kebaikan. Maka kita harus mengurangi 6 nilai itu dan menambahkannya lagi dengan 6 yang memang milik kita. Sehingga kita bisa memperoleh kesuksesan yang berniali 100 tersebut.

Allah Maha Sempurna dan menuntut kesempurnaan dalam setiap operasi yang kita lakukan. Jangan pernah ragu untuk melakukan operasi-operasi penjumlahan atau pengurangan untuk mencapai kesuksesan yang bernilai 100 tersebut. Dan tidak ada yang terjadi kebetulan dalam hidup ini. Karena semuanya terjadi sesuai dengan proses implikasi sebab dan akibat. Salah BESAR jika para matrialist mengatakan bahwa kehidupan ini terjadi dengan sendirinya dan merupakan suatu hasil proses yang kebetulan. Kehidupan terjadi karena ada yang menciptakan. Dan siapa yang menciptakan kehidupan? Allah. Allah yang maha meciptakan dan menjawab semua operasi-operasi matematika yang kita lakukan di dunia ini. Dan Yakinlah Allah akan menjawab sesuai dengan apa yang kita lakukan dalam operasi-operasi kehidupan tersebut. Itulah implikasi kehidupan yang pasti. Semua jawaban tergantung apa yang kita lakukan. Jadi, Teruslah berjuang dan berdoa teman, dan selalulah berfikir positif terhadap keputusan Allah. Yang pasti Allah akan menjawab sesuai penjumlahan dan pengurangan yang kita lakukan. Walau hasil jawaban itu belum bisa dinikmati saat ini pasti Allah akan memberikannya nanti. Nanti di kehidupan yang pasti terjadi. Dan Mudah-mudahan kita semua dapat mencapai kesuksesan yang bernilai 100 tersebut. Amin,… ALLAHUAKBAR!

Jakarta, 7 Februari 2010

Iklan
By Agus Sutopo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s